Hasil Uji NON Lab. PADA MADU SUMBAWA KAMI

1. UJI HEXAGONAL

Tuang madu di atas piring beling putih lalu tuang sedikit air disekitar madu nya, kemudian goyangkan piring tersebut ke kiri dan ke kanan, Madu yang baik akan membentuk segi enam (hexagonal) atau sarang lebah diatas madu saat digoyang. Pengetesan madu dengan cara ini sangat bergantung pada kadar air dari madu tersebut, madu dengan kadar air tinggi maka tampilan hexagonalnya tidak akan bertahan lama sekalipun madu tersebut asli, karena madu akan larut lebih cepat kedalam air.

2. UJI KUNING TELUR

Campurkan beberapa sendok madu dengan kuning telur ayam. Maka kuning telur ayam tersebut akan matang karena madu berkualitas baik mengandung asam seperti halnya Madu hutan sumbawa. Namun demikian cara ini dapat dimanipulasi oleh pemalsu madu dengan cara mencampur madu palsu dengan cuka atau cairan dengan kadar asam yang tinggi. 

3. UJI DIPANASKAN

Langkah pertama: tuang madu ke satu sendok makan, lalu panaskan sendok berisi madu tersebut di atas lilin/api. Madu berkualitas baik akan mengeluarkan buih yang sangat banyak dan warnanya menjadi lebih gelap.
Langkah kedua: dinginkan madu yang dipanaskan tersebut, setelah dingin, colek dan angkat madu nya dengan jari tangan. Madu berkualitas baik teksturnya akan tetap cair (menetes) sedangkan madu palsu akan membentuk seperti benang dan cenderung sangat kental seperti gula aren. 

4. UJI FREEZER

Masukkan Madu kedalam freezer hingga 24 jam, Madu Sumbawa teksturnya akan menjadi sangat kental namun tidak membeku. Madu apabila dimasukkan kedalam freezer akan mengalami dua keadaan, Viskositas dan Granulasi. dalam keadaan dingin, air yang terdapat dalam madu akan diikat oleh Glukosa sehingga teksturnya menjadi sangat kental. Granulasi (kristalisasi) pada madu akan terjadi apabila kadar Glukosa lebih tinggi dari pada kadar Fruktosa, dimana madu akan mengeras seperti kristal di suhu yang sangat dingin. Terdapat beberapa tipe madu yang dapat membeku/mengeras di dalam freezer seperti madu karet, kelengkeng, mente dan kaliandra, mengingat kadar glukosa dari madu tsb. lebih tinggi dari pada fruktosanya. Sehingga tidak serta merta madu yang membeku dalam freezer dikatakan madu palsu, sebagaimana penjelasan diatas.

Oleh karena itu untuk dapat menilai kualitas suatu madu maka perlu dilakukan pengetesan secara menyeluruh tidak hanya dilakukan satu uji. Cara paling valid untuk menilai kualitas Madu adalah melalui Uji Laboratorium.

5. UJI KEPANTASAN HARGA

Kualitas Madu Sumbawa Dapat Dinilai dari Harganya

Madu Hutan Sumbawa dikenal sebagai Madu Hutan terbaik di Indonesia dan merupakan komoditi unggulan Pulau Sumbawa. Bila berkunjung ke Sumbawa maka Anda akan menemukan bahwa harga jual Madu baik di Koperasi Madu maupun Toko Swalayan di wilayah Sumbawa berkisar antara 95ribu-130rb per 500ml atau 190rb-225rb per liternya. Sederhananya bila Anda menemui Madu Sumbawa yang dijual di luar Pulau Sumbawa dengan harga dibawah 95ribu/500ml atau 190rb/liter maka Anda patut mempertanyakan keaslian dan kemurniannya. Berikut Kami gambaran secara detail harga madu menurut lokasi penjualannya di Sumbawa.